Jumat, 22 April 2016

Raja Ampat dan Kebahagiaan di Tanah Papua

Cerita ini berawal dari kekepoan gw tentang tanah Papua. Karena gw emang Beach Addict, jadi ya mulai lah gw searching2 tentang Raja Ampat. Banyak banget Web2 atau Blog2 yang nawarin Open Trip kesana, mulai dari Open Trip Piaynemo, Piaynemo + Wayag, Misool, Whatever. Dengan sedikit info tentang trip ini, gw memilih DetikWisata.com untuk jadi temen travel nanti. Kenapa gw pilih Detikwisata.com ? Karena gw liat ulasannya bagus. Udah itu aja. Setelah gw hubungin CP nya, akhirnya gw pilih paket ke Piaynemo + Wayag. Setelah gw udah kirim DP, ternyata pihak Detik Wisata hubungin gw untuk ikutan yang ke Piaynemo aja, karena yang ke Wayag ga ada barengannya. Aseeeemmm. Karena gw udah antusias bgt, jadi yaudahlah gw ambil aja dan gw pilih berangkat tanggal 22-24 April 2016. Mendekati tanggal itu, gw mulai gencar buat cari2 tiket. Ga lama tiket gw booking, gw ngalamin kejadian yang paling menyedihkan didalam hidup gw. Ketika gw ajak Keluarga gw ke Bali untuk liburan, nyokap gw jatuh sakit di hari kedua liburan disini. Dan sakitnya ga main2, ada pembuluh darah yang pecah di otak. astagfirullah, kaya disamber gledek rasanya. Akhirnya gw pun cuti untuk pulang ke Jakarta. Ini sangat ga mungkin untuk gw berangkat liburan, dan gw pasrah kalo DP dan tiket gw angus. Akhirnya nyokap pun operasi pemasangan Coiling. Cara ini lebih manusiawi dibandingkan nyokap harus dibedah. Big Noo. Alhamdulillah-nya pasca operasi pun nyokap perlahan pulih dan gw diizinin untuk berangkat ke Papua. Karena nyokap gw sembuh juga gw berniat untuk beli buku buat gw sumbangin disana.
Tanggal yang dinanti pun tiba, gw berangkat dari Denpasar, transit di Makassar tgl 21 April 2016 malem, dan gw pun begadang di bandara Sultan Hasanuddin karena pesawat menuju Sorong jam 03:00. Setelah boarding, gw lgsg cuss menuju Sorong yang lagi gerimis banget.

Begadang di Bandara Sultan Hasanuddin :(

Sampe Sorong di sambut Gerimis..

Tgl 22 April 2016 pas sampe bandara, Tour Leader gw yang namanya Bang Tirta pun jemput dan kita langsung menuju Pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Waisai, tempat kita bermalam di raja Ampat. Sebelum nyeberang ternyata pelabuhan itu tempat kita ketemu sama semua anggota trip itu. Ada Erico, koko, Ariyanto, Mba Erlyda, Mba Yani, Imah dan Bu Ermelinda ditambah 2 anaknya yang ucu ucu :D. Perjalanan dari Pelabuhan menuju Pulai Waisai memakan waktu ± 4 jam dengan view yang indah dan guncangan yang ga terlalu sangar.

Setelah tiba di Waisai, kita lanjutin perjalanan pake mobil selama ga sampe setengah jam dengan jalanan yang lumayan bergelombang. Kemudian tibalah kita di Cottage Pantai Cemara Raja Ampat. Cottagenya sih sederhana bgt, sejenis rumah panggung yang cuma ada kasur dan minim penerangan. Kamar mandinya terpisah. That's OK karena cottage ini langsung menghadap ke laut yang super ketjeh. Setelah taruh barang, kita langsung bergegas menuju Boat untuk snorkeling di Batu Lima dan Friwen Wall. Masha Allah padaha cuma snorkeling aja, tapi bagusnya bikin fobia gw sama hiu ilang.

How Beautiful you Are...

Selesai Snorkeling, kita pun langsung kembali menuju cottage dan jalan2 disekitar cottage sembari pasang Hammock untuk liat sunset. Sayangnya mendung menutupi sunset gw sore itu. Arrrrtgght..

Our Cottage
Hammock-an depan Kamar

View Depan Cottage

Senjapun berganti malam. Semuanya langsung menuju tempat makan yang udah tersedia seafood yang rasanya enak banget. Oh iya cuma mau kasih tau, kalo kesini sebaiknya bawa lotion anti nyamuk yang spray biar ga digigitin nyamuk karena nyamuk disini gans2 bgt kaya vampir. Selesai makan kita lgsg bergegas menuju kamar dan langsung istirahat biar besok pagi fresh.

Have a nice Diner

23 April 2016
Ini hari kedua berada di Papua. Hari yang special buat gw karena kita akan berangkat menuju tempat yang sangat Iconic di Raja Ampat. Yessss Piaynemo here we are. Butuh tracking dulu menuju kesana. Tapi tenang aja, jalurnya udah berupa anak tangga kok, jadi ga bahaya. Begitu sampe di penghujung tangga gw langsung disuguhin sama pemandangan yang emang pengen bgt gw liat.

How Beautiful you Are..
Mau Kemana Kitaaa ???

Tibaaaaa..
Lehuga Kata2nya :D
Thanks God It's Piaynemo..

My Team..
Setelah puas diatas, kita turun untuk minum2 es kelapa sambil bercengkrama dengan anak2 asli Papua yang ikut orang tuanya berjualan. kitapun ga lupa buat foto2in mereka disini. Disin ga cuma jualan minum aja, sebagian dari mereka juga menjual batu (kesenengan bapak-bapak).
Warga Lokal...
Oke selesai dari Piaynemo, kita menuju boat dan bergegas pergi ke spot snorkeling yang ga kalah bagus dari Friwen Wall dan Batu Lima. Kita menuju Pulau Arborek. Gw suka desa ini. Karena selain tempat snorkelingnya bagus, anak-anak asli desa ini juga menyenangkan. Mereka ga ada yang sungkan untuk bernyanyi, bercanda dan mau menjawab apa yang kita tanya walaupun sambil malu-malu. Temen-temen yang lain pun ga lupa buat foto2 bareng mereka. Oh iya gw lupa, betapa bahagianya trip kali ini karena 2 dari mereka adalah fotografer. Jarang-jarang kan gw bisa difotoin sama fotografer cihuy. #lalalayeyeye.

Snorkeling Pulau Arborek
Anak-anak Pulau Arborek

Setelah puas dari Arborek, boat kita bergegas menuju ke Pulau Yenbuba untuk snorkeling. Disini kita ga ke Pulaunya, Cuma Snorkeling aja di tengah.

Bawah Laut Yenbuba

Gak lama Snorkeling disana, kita pun berangkat menuju Pasir Timbul yang keren dan tosca banget. Sebenrnya Pasir timbul ini seperti kebanyakan gusungan pasir di pulau lainnya, tapi karena ada pulau yang keliatan dari sini, pemandangannya jadi keliatan lebih oke. Disini kita cuma foto2 aja karena hari semakin sore, dan kita harus kembali ke Cottage untuk istirahat. Ketika perjalanan pulang menuju Cottage, kita dapet bonus yang ga disangka2 banget, yaitu pelangi yang melengkung luas yang bisa kita liat sejauh mata memandang.
Pasir Timbul Raja Ampat
Pelanginya..

24 April 2016
Pantai disekitar cottage
Our last day in Waisai. Pagi2 nyempetin buat jalan2 ke pesisir pantai sekitar cottage. Setelah ± satu jam jalan2, ternyata mobil udah jemput kita untuk menuju ke Pelabuhan menuju ke Sorong.

Sesampenya di Sorong, gw nginep semalem lagi di F Two Hotel dengan Rate 200/malem. Kamarnya lumayan bersih. Disini gw janjian sama temen seangkatan kantor gw, namanya Syahtrudin Nasuhi. Dia orang Jombang yang dapet penempatan di Sorong. Betapa bahagianya dia bisa nemuin pantai-pantai yang kerennn. Padahal awalnya gw mau cari oleh-oleh, tapi ada Udin gw jadi lupa gara2 keasyikan nongkrong.

25 April 2016.
Hari ini gw bergegas menuju Bandara dengan transport yang dicariin sama hotel. Karena ga sempet cari oleh2 semalem, akhirnya gw pun cari oleh2 di Bandara. Oleh2 yang paling banyak disini berupa cinderamata yang ada tulisan Raja Ampat , Kaos dan Roti Gilung Abon yang rasanya enak bgt. Setelah Boarding, gw bergegas menuju Jakarta untuk pulang kerumah dan liat keadaan nyokap. Abis itu besoknya kembali menuju Denpasar untuk kembali ke Realita. Oh iya ngomong-ngomong masalah buku sumbangan, akhirnya buku yang gw bawa pun gw serahin ke Bang Tirta untuk di sumbangin ke yang membutuhkan. Thanks juga buat Yessica (Temen Kantor) yang udah mau bantu nyumbangin buku.

Inilah akhir pejalanan gw di Papua. Banyak yang bilang kalo ke Raja Ampat ga nginjek Wayag katanya ga Sah. Whatever, yang pasti ke Piaynemo aja gw udah bahagia. Tapi tetep aja si gw ada niatan untuk nginjek Wayag dan Misool. So... Papua, i'll be back Soon...