Jumat, 18 November 2016

Pulau Kenawa, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Dadakan

Kalo kita mendengar tentang Nusa Tenggara Barat, pasti yang pertama dipikirkan adalah LOMBOK. Hahaha, dulu juga gw begitu. Tapi ketika dikepoin lebih dalam, NTB itu lebar panjang dan luassss, bukan cuma lombok doang. Kalo mau dibahas semuanya ga bakal kelar seharian. Jadi yang mau gw bahas kali ini adalah salah satu bagian dari NTB, yaitu Pulau Kenawa, Sumbawa. Beda ya sama Pulau Kanawa. Kalo Kanawa ada di Labuan Bajo, Flores. Ini single Trip gw yang kaya tahu bulat di goreng DADAKAN. Hari Rabu tanggal 16 November 2016, ketika gw liat instagram gw yang mulai kehabisan postingan dan liat timeline ada yang posting tentang Kenawa, tiba2 hasrat itu muncul begitu aja kaya orang kebelet pipis dan harus segera dikeluarin. Demi menyalurkan hasrat, akhirnya gw memutuskan untuk berangkat minggu ini.

Hari ini gw tetep masuk kantor walaupun otak gw udah nyampe duluan di Kenawa. Tiktoktiktok, yeaaayy akhirnya baru jam 3 :(, karena udah ga sabar, gw ijin ke boss untuk pulang duluan. jam 15:30 gw cabut, siap2 dan cuss. FYI, gw kehabisan tiket pesawat padahal itu bukan high season. Karena udah ga ada jalan lain, akhirnya gw cobain deh tuh nyeberang ke Lombok bawa motor. Nekat si, tapi apa daya ini suratan yang kuasa. 17:00 cuss dari Kost menuju Padang Bay, 18:00 sampe, beli tiket dan duduk cakep 4 jam di Kapal. Alhamdulillah-nya Ferry Padang Bay - Lembar nyaman banget, rapi, wangi dan apik. Jadi 4 jam yang gw kira bakalan "Zzzzzz", ternyata malah "yihaaaa". Karena sinyal juga kenceng, gw langsung cari-cari hotel di web, dan gw pilih Nalaya Homestay Mataram. sekitar pukul 22:00 gw sampe di Mataram. Kalo boleh jujur gw deg-degan banget. Karena dari Pelabuhan Lembar menuju ke Kota Mataram jalurnya lumayan sepi dan kendaraan yang lalulalang kebanaykan truk-truk besar. Dengan menyebut nama Allah dalam hati, akhirnya gw sampe ke Nalaya Homesaty. Tempatnya enak dan Bapak-bapak yang punya homesaty juga ramah bgt. Dia bersedia cariin gw travel untuk gw menuju ke Kenawa. Kenapa gw malah naik travel ga sekalian aja bawa motor ? Guys, Mataram-Kenawa itu jauh bangeett. Ngeri Teposs. FYI, Nalaya Homestay ini murah bgt, rate semalam gw cuma bayar 135 K, kamar AC, kamar mandi dalam, TV Flat, wifi kenceng dan lumayan deket sama terminal. Jadi akses buat kemana-mana juga enak walaupun masih masuk ke gang. Ini kontaknya, kali aja mau coba kepoin : 0877 6525 7870. Dijamin Bapaknya ramah dan helfull bgt.

View menuju Pelabuhan Lembar

Sabtu, 19 November 2016
Seperti biasa, gw udah Nawaitu untuk bangun jam 6, tapi ternyata gw baru bangun jam 8. Seketika gw loncat dan langsung mandi kucing. 09:00 gw berangkat dianterin yang punya homestay ke Terminal untuk nunggu bus (ketinggalan travel). Begitu sampe di bus, bukannya langsung jalan malah nunggu penuh. Dengan bayar 125 Ribu via calo (aslinya gak segitu), gw pun berangkat menuju Pelabuhan Kayangan dengan jarak tempuh 3 Jam. begitu tiba di Kayangan (berasa bidadari) maih harus nunggu setengah jam sampe akhirnya naik ke kapal yang kondisinya beda jauuuuuh banget sama ferry dari Padang Bay menuju Lembar. Bener-bener jauh dari kata nyaman. Tapi ya untung pemandangannya ketjeh, jadi anggap aja Nyaman. Sekitar 3 jam gw nyeberang, dan akhirmnya sampe di Pelabuhan Pototano (bukan nanonano).

Pelabuhan Pototano, Sumbawa

Pohon-pohon dramatis di Pulau Namu
Sebelumnya gw udah cari kontak guide di Kenawa, dan akhirnya gw calling Bang Irfan (0878 6375 5769). Karena si Bang Irfan ini ada keperluan sebentar, akhirnya gw nunggu sambil brunch dikantin Pelabuhan. jauh-Jauh ke Sumbawa tetep aja nemunya masakan Jawa. Hahaha. Pas bgt selesai gw makan dengan minum es teh yang agak aneh itu, bang irfan nongol dan kita langsung nyeberang ke Kenawa. Sebenernya nyeberangnya tuh cuma 15 menitan, tapi karena diajak mampir ke Pulau yang kata Bang Irfan punya spot bagus, jadi ya mampirlah kita ke pulau yang katanya punya nama Pulau Namu walaupun pas Check in di Path dan Instagram gw ga nemu. Pulau Namu itu sebenernya luas banget dan gw yakin banyak spot bagus, tapi karena ga berpenghuni, jadi yang dianggap bagus ya cuma 1 spot aja, foto berlatar belakang pohon-pohon yang emang luamayan bagus si. Selesai foto disana, gw ngeliat dari kejauhan ada pohon JOMBLO unik yang emang lumayan jauh dari spot kita. Akhirnya gw minta anterin kesana pake boat walaupun masih satu pulau. Ketika sampe sana, ternyata emang bagus dan Bang Irfan yang orang asli sana pun bilang kalo itu tempat ternyata ketjeh. (Bilang apa tuh si abang sama gue ? Hehe). Kalo boleh jujur, gw takut banget ada di Pulau ini, karena ga berpenghuni makanyta memungkinkan banget untuk binatang buas berkeliaran. Mungkin itu fantasy gw aja si, tapi who knows ? Disini gw bener-bener minding step bgt karena gw ngelewatin jalur semak-semak yang kali aja ada uler kan ?
Ini Spot yang gw temuin, How Lucky I am..

Kenawa dengan Rinjani di Belakangnya
Selesai Foto, gw bergegas menuju ke Pulau Kenawa. yeyeeyeeee. Dari jauh udah keliatan banget gundukan bukitnya yang khas itu ditambah panorama Rinjani dibelakangnya. Tapi sayangnya pas gw kesana lagi gersang karena lagi ga ujan2 katanya. Tapi still biutipul kok. Boatpun tertambat di pinggiran dermaga, dan gw langsung bergegas menuju bukit. FYI, di Pulau ini sudah ada toilet yang dikelola oleh warga Pototano. Dari mana sumber airnya ? Karena belum ada sumber air di Pulau ini, Bapak2 pengelola yang juga punya warung disana bawa air bergalon-galon yg sebagiannya dimanfaatkan untuk keperluan MCK. Pantesan aja gw buang air kecil bayar goceng. Hahahaa. But thats's oke daripada gw simpen pipis ini sampe Denpasar #ohno. Oh iya di warung milik Bapak ini juga menyediakan sarana untuk charger, sekali ngecharge cukup bayar 10 K dengan menggunakan Genset dan buat para wanita yang tiba2 kedatangan "tamu" disini juga ga usah khawatir karena si Bapak menjual "Roti Jepang", jadi amaann.

That's my Island
Selamat Sore Kenawa

Ini di puncak bukit

Sebenernya kalo gw bangun lebih pagi cukup banget waktunya untuk gw balik lagi ke Mataram hari itu juga. Tapi karena kesiangan dan ada adegan ditinggal travel, akhirnya waktu gw pun mepet2 magrib, jadi harus nginep. Alhamdulillahnya Bang Irfan sekalian nyediain juga peralatan camping. Setelah puas foto2 di bukit dan sunsetan di Dermaga, gw bantuin bang irfan untuk ngebangun tenda. Tendanya lumayan gede, cukup untuk 2 orang. Setelah tenda jadi, gw lanjut duduk2 ngobrol sambil ngopi sampe jam 1 malem sama bang Irfan. Bang Irfan ini warga asli Pototano yang tadinya bekerja sebagai nelayan di kapal besar. Setelah menikah akhirnya bang Irfan berhenti menjadi Nelayan dan seiring tenarnya Pulau Kenawa, diapun akhirnya menjadi tour guide sekalian membuka penyewaan peralatan camping+Snorkeling. Dan bang Irfan ini orangnya asik banget. Lama2 ngobrol, mata gw ketiup angin dan ngantuk.

Sunset di Dermaga
Minggu, 20 November 2016.
Keajaibaaaaannnnn. 05:30 gw kebangun dan gw bisa nyunrise yang bener-bener nyata didepan tenda gw. Subhanallah. Ga mau rugi dong gw langsung cekrek. Di pagit itu, gw liat matahari yang beranjak dan meninggi ditambah sejuk angin dan panorama laut. Dalam hati berharap agar mentari jangan cepat-cepat naik. Tapi apadaya. Lama-lama kepanasan walaupun itu matahari pagi.

Selamat Pagi Sumbawa
Morning View
Setelah kepanasan, ga pake mandi akhirnya gw ganti baju buat lanjut foto2 lagi di bukit. Karena lagi gersang, ketika melangkahpun debu seakan ikut terbawa mental dan bener2 ngebul tjoy. Puas foto2, gw balik buat bantuin bongkar tenda dan langsung snorkeling. Dengan speedboat, gw keliling cari spot bagus. Dan kali ini parno gw sama hiu dan buaya pun kumat, ga sampe setengah jam gw langsung cabut ganti baju dan ke pototano buat balik ke Mataram. Sayang banget padahal spot snorkeling disana bagus katanya.
Snorkeling, Faily :(
12:00 gw tiba di Tano. Mampir ke rumah bang irfan yang disambut sama Istri dan anaknya. Disana gw numpang mandi dan beres2. 13:00 gw cabut dengan menggunakan Damri dengan biaya 85 K. Ga lama duduk di bus langsung naik kekapal dan menuju Kayangan. Dari kayangan cuma butuh 2 jam kali ini untuk menuju ke Mataram karena abangnya ternyata sepupunya Vin Diesel yang ngebutnya jagoo banget deh. Menjelang magrib gw dijemput sama bapak2 pemilik homestay yang gw lupa bgt namanya (Hampura Pak) untuk menuju Nalaya karena motor gw titip disana. Sebelum gelap dan sepi melanda jalanan, Akhirnya gw langsung pamitan dan bergegas menuju Lembar.
See You Mataram
Setelah tiba disana, ternyata masih harus nunggu 1 jam untuk bisa naik ke kapal karena sore itu padat banget kendaraan yang mau ke Bali, jadi ngantrinya kaya beli Pia Legong. 19:00 baru naik ke kapal dan bisa ditebak kalo tengah malem gw baru sampe padang Bay.
Antrean di Lembar
Karena saking capeknya, kapal berangkat aja gw ga tau sampe gw bangun kapal udah sampe. Langsung bergegas ke parkiran dan berdoa semoga aja banyak barengannya untuk ke Denpasar, soalnya daerah ini abis magrib aja sepi banget dan banyak anjiing. 23:00 start dari Padang Bay yang Alhamdulillah rame, mampir ke McD sebentar karena laper dan sampe kossan 00:00 dan langsung bobo karena harus menghadapi hari esok yang konon penuh MITOS.

Berikut Pengeluaran gw untuk menuju ke Kenawa :
   20.000 Bensin Denpasar - Padang Bay (Kalo dari Ubung bisa menggunakan Bus menuju Bima)
 125.000 Ferry Padang Bay - Lembar
 135.000 Nalaya Homestay
   30.000 Makan Malem
 125.000 Bus Menuju Pototano (bisa menggunakan Travel atau Taxi)
   40.000 Lunch
 400.000 Speedboat + Guide + Alat Camping + Alat Snorkel
   80.000 Ngemil Malem + Toilet + Minum
   85.000 Bus Menuju Mataram (Damri)