Sabtu, 02 April 2016

Melanjutkan Keindahan Flores di Kelimutu

Suatu hari, datanglah sebuah berita yang mengharuskan gw untuk melakukan sebuah Dinas ke Maumere. Coba liat kalender, ternyata jadwal dinesnya mepet sama weekend. Berangkat Kamis tgl 31 Maret 2016. Yaudah sekalian aja diniatin buat sekalian traveling disana. Walaupun sebenernya ini kali keempat dines ketempat Maumere, tapi 3 trip sebelumnya ga sempet icip traveling disini karena keterbatasan waktu. Oke mau ga mau ya berangkat kesana dengan numpang pesawat Kalstar 90 Menit direct dari Denpasar. Sampe sana langsung berangkat ke TBBM Maumere, berharap hari itu juga urusan bisa selesai. tapi apa daya besoknya harus kembali lagi kekantor. Selesai hari itu gw bermalam di Hotel Silvia, salah satu hotel yang Lehuga disana. Hotel Silvia ini ada 2 cabang, yang satu lagi ada di Labuan Bajo. Untuk Kisaran harga gw ga tau ya, soalnya ini langsung diproses sama kantor.

Bandara Maumere

Hotel Silvia Maumere
Oke Malam berganti pagi dan ini Jumat, 01 April 2016, gw pun bergegas kembali menuju kantor, dan selesai kira2 jam 4 sore. Balik lagi kekamar, googling2 tempat-tempat seru di sekitar Maumere, dan akhirnya gw mutusin untuk ke Kelimutu besok. Yesssssss.

Bibiiiip..
Sabtu, 02 April 2016..
Niatnya jam 6 berangkat eeh ini jam 7 baru bangun (KEBOlicious). Akhirnya dengan kekuatan mandi kucing, jam 8 gw udah siap. Beruntungnya hotel Silvia ini bersebelahan sama terminal Maumere, tempat gw cari Travel menuju desa Moni, Ende. Eits, travel yang ada disini ga sesuai sama ekpektasi gw yang AC, nyaman dan wangii. Travel disini sebenernya kaya angkot yang ukurannya lebih gede aja (seukuran Elf), yang ngetemnya lama bgt di terminal dan banyak berhenti buat nyari penumpang. Biayanya saat itu Rp. 80.000,- sampe ke desa Moni dengan jarak tempuh normalnya 3 Jam, tapi karena kebanyakan berhenti, jadi total 5 jam #Modaar. Desa Moni adalah sebuah Desa dikaki gunung Kelimutu, tempat biasanya orang yang akan berkunjung ke Danau Kelimutu bermalam dan cari makan. Sesampainya disana gw langsung menuju tempat makan yang sederhana banget, yang sebenernya gw pengen bgt makan nasi, tapi karena takut makanannya macem2 (gw ga makan daging babss), akhirnya gw cuma makan Indomie Goreng yang digoreng lagi dicampur sayur dan suiran ayam. Sambil makan sambil diajak ngobrol sama orang sana. Namanya Bang Jackson. Akhirnya gw pun tanya2 ke dia buat cari penginapan. Sumpah ini gw nekat bgt blom tau mau nginep dimana tapi maen berangkat aja. Akhirnya gw dianterin deh ke Bapak2 pemilik Homestay, Namanya Pak Yanto. Kalo temen2 mau Backpacker ke Kelimutu, coba kontak dia aja di nomor ; 081246028875/ 081219961034). Harga Homestaynya murah kok, Rp. 150.000,- aja, kamarnya cozy, tapi gak ada kipas angin maupun AC. Sempet agak kecewa, tapi percayalah kalo malem disini dingin bgt, jadi ga masalah mau ada ac ataupun gak. Setelah deal harga, gw taruh barang disana dan menanyakan tentang sewa motor. Ternyata Pak yanto pun merangkap penyewaan motor juga. Karena gw takut jalan sendirian kesana, jadi gw tanyain guide ke dia, dan Pak Yanto pun bersedia mengantarkan gw kesana dengan total biaya motor + Guide = Rp. 200.000,- lumayan murah karena sekalian di fotoin. Hahaha.

Dari desa Moni ke atas kurang lebih satu jam naik sepeda motor dengan jalur yang sepi dan banyak jalan aspal yang berlubang. Tiket masuknya murah, hanya Rp. 5.000,- perorang. Sampe diparkiran, gw masih harus jalan kaki buat sampe ke atas, kurang lebih setengah jam.

Danau Kelimutu ternyata memiliki kisah, dan kisah ini adalah kisah turun temurun. Danau Kelimutu terdiri dari 3 buah danau yang warnanya bisa berubah-ubah. Menurut masyarakat Suku Lio yang tinggal di sekeliling Danau Kelimutu, ini berubah karena sebuah kekuatan gaib, jadi katanya si orang yang berkunjung kesini wajib menjaga sikap akrena ini mtempat yang sakral. Kenapa sakral ? karena bisa dibilang ini tempat bersemayamnya arwah orang-orang yang udah meninggal. Ketiga danau inpun memiliki nnama yang berbeda, yaitu Tiwu Ata Mbupu yang letaknya terpisah dari 2 danau lainnya. Dnau ini dipercaya sebagai tempat berkumpulntya arwah-arwah para Tetua Adat yang sudah meninggal. Danau yang kedua bernama Tiwu Nuwa Muri Ko'ofai yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya arwah muda-mudi yang sudah meninggal. Dan danau yang terakhir bernama Tiwu ata Polo yang dipercaya sebagai tempat arwah para penyihir yang telah meninggal. Untuk pergantian warna didanau ini sendiri tidak ada yang bisa memprediksi kapan mereka berubah warna. Terkadang warnanya Tosca, Merah, Biru tua, Biru Muda, putih, bahkan pas gw kesana warnanya hitam. Tapi apapun dibalik kisahnya, danau Kelimutu tetap memiliki keindahan yang ga sedikit Bule yang bolak balik pergi ketempat ini.

Asik2 foto diatas, ternyata waktu udah menunjukan jam setengah 5 sore, daripada pulang gelap2an dan serem2an, mending gw putusin buat cabut. Disepanjan perjalanan pulang pun viewnya gak kalah keren. Untungnya si Bapak dengan sabar mau berhenti buat fotoin gw. #Tengkiyusomach Pak.

Setelah sampe homestay si Bapak nanyain gw besok mau sunrise-an atau gak, gw bilang si liat besok aja, kalo gw bangun pagi, ya berarti ayoo. Si bapak mengiyakan dan hubungin dia aja kalau memang besok pagi jadi. Krucuk krucuk perutpun samar berbunyi, gw balik lagi ke watrung tadi siang buat bmaka, dan lagi2 gw makan mie goreng. Setelah makan gw putusin kekamar buat update foto di Path dan Instagram. ini adalah kewajiban ketika seseorang melakukan sebuah traveling. Hahaa. Dan ketika gw cek sinyal, disini sinyal Simpati gw cuma sebatas 3G satu bar bahkan sering EDGE. Jadi ya kudu sabar kalo lemot. Lama2 jadi ngantuk sampe muka gw ketiban HP. Oke gw cape dan gw ngantuk. Berharap besok bangun pagi buat liat sunrise.
Ini View menuju Koka Beach

Minggu, 03 April 2016
Dan ternyata sodara2, gw bangun jam 8. Makan tuh sunrise !! Akhirnya gw putusin buat mandi dan siap2 buat balik ke Maumere, karena gw udah pesen tiket PP dari Mumere. Sialnya pas pulang gw ga dapet travel. Mau ga mau gw sewa mobil yang sekali jalan dia minta 500 Ribu. Okelah akhirnya dari pada ga pulang gw sewa mobil yang direkomendasiin sama Bang Jackson. Diperjalanan yang jauh berkelok-kelok dan rawan longsor ini, mampirlah gw di sebuah pantai cantik yang bernama Pantai Koka. Pantai ini gw bilang si miniaturnya Padar karena lengkungan pantainya yang kerenn.

Koka Beach

Dipantai ini juga ada bukit yang kalo kita naik kesana semua view di Koka keliatan semua. Tapi ya, tapi, jeleknya disini hampir semuanya di duitin. Duduk2 dibawah pohon kelapa bayar, Duduk2 dipelataran bayar, sampe naik ke Bukit pun bayar. Untung harganya masih manusiawi. Karena penasatran, jadilah gw treking dibukit ini dan bener aja, Viewnya bikin gw ga berhenti bersyukur.

View dari atas Bukit yang Ketjeh

Capek naik turun bukit, gw pun minum es kelapa yang harganya 15 ribuan ditambah Aqua. Disini gw ga bisa lama2 karena harus ngejar pesawat 14:00. Dari koka jam 11, sampe bandara jam 12an, Check in, dan siap2 meninggalkan Maumere, kota terbesar di Flores.

Saran gw kalo mau Backpacker ke Kelimutu harus bener2 diatur waktunya, jangan mendadak kaya gw. Harus tau mau nginep dimana, terutama harus tau transport pulang perginya. Dan satu hal yang paling penting, harus cobain Sunrise diatas Kelimutu yang katanya ketjeh badai. Oke sekian dulu coretan gw kali ini. Besok disambung sama cerita gw yang lainya. Bbye....