Jumat, 30 September 2016

Kei Kecil dan Orang-Orang yang Menyenangkan

Satu hal yang ga bisa lepas dari Pulau Kei, yaitu TOSCA. Hampir semua pantai yang ada disana warnanya Tosca. Syurgah banget buat orang-orang yang doyan mantai. Bikin siapapun yang udah pernah kesana pasti mau dan mau lagi kalo diajak kesana (apalagi gratisss :p ). Ini pantai yang antimainstream menurut gw, karena spotnya unik dan ga mungkin untuk diabaikan. Kei terdiri dari Kei Kecil dan Besar. Kei Kecil adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara dan Langgur adalah Ibukotanya. Kei Kecil Beda ya sama Kei Besar walaupun masih satu kepulauan. Kalo mau ke Kei besar kita masih harus nyeberang lagi sekitar 45 menit menggunakan speed boat dari Kota Tual. Sebenernya gw juga pengen bgt  ke Kei besar untuk mandi-mandi cantik di Air Terjun Kasiar yang instagramable bgt. Tapi karena tuntutan gw sebagai karyawati teladan dan solehah (aamiin) yang ga punya banyak waktu cuti, jadi gw kantongin dulu niat untuk kesana sambil nunggu waktu yang pas.

Suatu hari saat gw udah bener-bener butuh piknik, gw ga sengaja liat salah satu akun di Instagram temen ngetrip bareng waktu ke Raja Ampat yang namanya Ariyanto Amtiran alias Ucup yang nama akun IG nya @aryyanto2003. Udah beberapa hari itu dia ngupdate foto yg bikin gw envy. Setelah gw tanya2 ternyata itu Pulau Kei kata dia. Terus gw tanya2 gimana gw bisa kesana, terus dia kasih gw contact person + akun IG nya Mas ilham (@ilhamarch). Pas gw kepoin IG nya, ternyata emang fotonya kece badai parah akut dan dia adalah TL dari Trip Indonesia Timur (Kepoin IG nya @tripindonesiatimur). Tanpa basa basi, gw langsung kontak dia yang ternyata orangnya ramah bgt. Btw harga trip ini 2900 K all in dengan pembayaran pertama 1000 K dan pelunasan bisa di hari H. Setelah itu gw dikasih Itinerary dan sekalian dibuatin group supaya saling mengenal dan saling share info dengan triper yang lain. Tanggal 30 September pun gw pilih dengan mempertimbangkan waktu cuti dan bobot pekerjaan gw saat itu (preettt).

Kamis, 29 September 2016
Niatnya hari ini mau langsung cuss pagi-pagi supaya bisa nyolong start di Kei, tapi karena kerjaan sedang cantik-cantiknya, jadi mau gak mau gw tetep ngantor. Akhirnya gw berangkat dari Denpasar dengan menumpang pesawat L*on Air JT 0926 dengan boarding time 21:00 dan lagi-lagi transit di Makassar + harus bermalam dibandara ini karena penerbangan menuju Ambon waktunya kentang bgt, boarding 03:35. Dengan kekuatan coffe latte dan nonton berita kesayangan gw "Sidang kasus Jessica-Mirna" di youtube akhirnya gw bisa bertahan sampe waktunya boarding.

Jumat, 30 September 2016
Karena gw tiba di Bandara Pattimutra kepagian dan next flight ke Kei masih sekitar 4-5 jam lagi, akhirnnya gw pilih nongkrong ketjeh di salah satu kedai kopi disana sampe boarding time. 12:25 gw naik kepesawat dan estimasi perjalan dari bandara Pattimura Ambon menuju Bandara LUV Langgur memakan waktu perjalanan sekitar 90 menit dengan view yang bikin seger. Dari ketinggian gw bisa ngeliat gugusan-gugusan pulau di Kei. That's really Vit C. Tiba di Langgur sekitar 14:30, sambil nunggu bagasi, ternyata disana udah ada temen2 triper lainnya. Mereka adalah Jefri, Bu Susi, Pak Tris, Mba Aries dan Mbak Ari yang ternyata dari Ambon kita satu pesawat. Selain temen-temen triper juga ada Kakak Ilham dan Kakak Adi as Our Tour Leader yang ternyata udah nunggu kita. Setelah bagasi udah diterima semuanya, bergegaslah kita dengan menggunakan 2 mobil menuju hotel berbintang kejora yang liftnya mati dan harus menuju kekamar di lantai 3 dengan menggunakan tangga. Agak shock karena terakhir kali olahraga kira2 setahun yang lalu, khawatir kakinya kenapa2 (Maaf ini kode minta digendong, Haha). Ternyata sesampainya di hotel ada sepasang Tripper yang udah sampe dari tanggal 29, namanya Ria dan Mas Dayat. Di hotel itu setiap kamar diisi 2 orang dan roomate gw adalah Mbak Ari. Kita pun langsung kekamar untuk taruh barang dan bergegas menuju Pantai Pasir Panjang Ngurbloat. Perjalanan dari hotel menuju kesana ga sampe setengah jam dengan jalanan yang sepi, gak kaya di Jakarta. Guys, Pantai Ngurbloat ini pasirnya lembut banget kaya perasaan wanita (eeeggghh). Ini pasir terlembut yang pernah gw pegang dan yang lebih mengejutkan lagi, pantai ini tetep terlihat tosca sekalipun cuacanya mendung. Pantai Ngurbloat ini disebut Pantai Pasir Panjang karena emang bibir pantainya panjang banget kurang lebih 3 Kilo (sotoy). Ga mau rugi, langsung deh kita foto2 dan Kakak2 yang kece dan gahool TL kita pun ngeluarin kamera2 penunjang gaya tercanggih yang pernah ada, dari mulai Tetha Cam, Drone, Dome dan gak tanggung2, mereka nyiapin Lay Bag buat properti. Aaaaaaa dimodalin banget (sampe terharu). Bikin kekecewaan kita karena gagal sunsetan terobati. Setelah foto2, kita menuju Gazibu yang ternyata udah disiapin Pisang Embal. Pisang Embal adalah makanan khas Kei sejenis pisang goreng, tapi penyajiannya menggunakan sambel. Awalnya gw agak bingung soal rasa yang akan diterima lidah gw, tapi ketika mendarat dimulut gw, ternyata rasanya emang enak + gurih + nagih. Sejujurnya gw sampe ngabisin 4 pcs (maaf saya maruk).
Kebersamaan di Pantai Pasitr Panjang

Senjapun berganti malam. Akhirnya kita pergi berburu Milkyway yang konon kata Mas Ilham, Milkyway di Kei ini bisa kita temukan setiap hari jika cuaca mendukung. Sesungguhnya perburuan ini bukanlah bagian dari itin, tapi karena Mas Ilham dan Mas Adi orangnya baik, Soleh dan menawan, mereka bersedia mengantarkan kita ke perburuan milky way di gelap malamnya Kei. Gelapnya Gak becanda. Sampe gw coba minta Ka Ilham buat matiin lampu mobil, dan bener2 ga keliatan apapun. Disini masih minim banget lampu jalan, makannya suasananya kaya malem minggunya orang jomblo (Suram).

Perburuan Milkyway pun dimulai dengan mencari tempat yang kelihatan natural. berkilo2 nyari tempat yang ada gundukan tapi gak ketemu2. Sampe Akhirnya nemu tempat yang pas. Gw mengajukan diri untuk jadi percobaan. Dengan aba2 dari mas ilham yang ga boleh bergerak selama 12 Detik, akhirnya foto dengan latar belakan Real Milky Way pun jadi, dan kitapun foto bergiliran. Sialnya giliran Mba Ari mau foto, milkywaynya ilang ketutup awan. Jadi kita lanjutin perburuannya besok malam. FYI, perburuan milkyway ini bikin kita lupa waktu, sampai2 jam 9 kita baru makan malem. Akhirnya kita bergegas menuju tempat makan seafood dengan menu ikan bakar. Selesai makan, kita bergegas menuju hotel dan bobo cantik.

Sabtu, 1 Oktober 2016
Hello October..
Ini hari kedua berada di Pulau Kei. Bergegaslah gw dan tim menuju tempat sarapan dan berangkat menuju tempat yang menjadi alasan terbesar untuk gw ngetrip ke Kei, yaitu Pulau Bair. Untuk menuju ke Pulau Bair, kita harus menuju ke dermaga di Dulah Darat, tempat tertambatnya speed boat yang akan mengantarkan kita kesana. Perjalanan menuju Pulau Bair begitu menyenangkan karena kita disuguhin pemandangan yang luar biasa. Bahkan saking jernih air lautnya, terumbu karang pun terlihat sekalipun ditempat yang dalam. Sesekali kita juga disuguhkan atraksi burung-burung yang terbang diatas permukaan laut untuk mencari ikan. Tidak lama setelahnya, gugusan tebing batu dan karang serta hamparan warna tosca yang menjadi ciri khas Pulau Bair pun nampak didepan mata. Speedboat pun melalui celah seperti gang kecil berhenti dan ga pake A I U E O, langsung pada nyebur, terutama untuk Pak Tris, Bu Susi dan Mbak Ari yang aslinya ternyata seorang Diver berpengalaman yang sudah melanglang buana keliling Indonesia untuk berburu Spot Kece. Beda sama gw yang baru nyampe udah manjangin tongsis buat foto2 dulu diatas boat, sampe puas, baru nyebur. Airnya seger bgt. Tapi dari jauh tampak samar ada ular laut yang katanya si gpp. Tapi karena gw parno, jadi gw cuma sebentar aja berenangnya.
Mirip-Mirip Raja Ampat

Karena yang menunjukkan sikap kekinian adalah Cakep dikit Cekreeeekkk..
My Favorite
Kita ga pernah Gak Keceeee...
Setelah puas di spot itu, kita bergegas menuju tebing2 tinggi di Bair. Gugusan2 tebing disini bener2 mirip bgt sama Raja Ampat. Dari jauh juga udah keliatan ada beberapa gazibu terapung yang emang disediain buat pengunjung. Bener2 luar biasa. Setelah boat tertambat, gw dan yang lainnya mulai untuk Treking. Untuk treking disini yang ga boleh dilupain adalah kita wajib pake sendal treking karena kita melewati jalur bebatuan yang tajem banget. Kasian kakinya kalo sampe ketusuk. Treking di spot pertama ini ga sampe 10 menit. Sesampainya diatas, Mas Ilham dan Mas Adi langsung ngeluarin prabotan canggihnya untuk rekam dan foto2 dengan view Tosca yang segeerrrrr bgt. Setelah dirasa cukup, kita lanjutin untuk treking ke Spot kedua yang lumayan tinggi dan agak ngeri2 sedap. Di Spot kedua ini sering banget dijadiin tempat buat jumping. View dari sini menyuguhkan Pulau Bair yang lebih luas dari spot pertama tadi. Setelah puas foto2 disana, kita pun turun untuk makan siang. Makan siang kali ini disuguhin sama Ikan Bakar Rica2 yang super enak ditambah cumi dan aneka seafood lainnya. Masakannya enak bgt (Apaan si yang ga enak buat gw ?). Selesai makan, kita lanjut berenang serta foto2 bebas.
Like a Dream Come True Karya Bang Ilham

Meninggalkan Pulau Bair yang menawan, Kita bergegas menuju Pulau Adrenan untuk berburu Sunset. Tapi sayangnya ketika sampe disana, pulau yang bagus bgt kaya gitu ketutup sama sampah yang entah sampah kiriman atau sampah dari para triper yang singgah disana. Dengan Semangat 45 yang membara akhirnya kita memutuskan untuk bersih2 di sekitar pantai yang ga berpenduduk itu. Kecewa banget kenapa si hari gini masih hobi banget ngotorin tempat wisata. Gw salut bgt sama semuanya yg ada di trip ini. Dengan semangat, mereka pungutin sampah yang kebanyakan sampah popok bayi itu satu persatu sampe memuncak membentuk gundukan. Setelah sampahnya udah numpuk, akhirnya sampah kita bakar dan kita semua kembali ke kegiatan masing2. Ada yang dikubur dalem pasir, ada yang foto2, ada yang snorkeling, ada yang duduk2. Yang pasti kita semua nikmatin banget sunset disana.
Ini jepretan yang kesekian kalinya sebelum akhirnya berhasil Loncat semua

Setelah selesai semuanya. Kita kembali menuju Dermaga Dulah Darat. Sialnya ditengah perjalanan kita diterjang hujan dan berlindung dibalik terpal. Bersyukur punya temen trip yang gak ada capeknya. Dalam keadaan baju setengah basah karena keujanan, kita lanjut  bergegas untuk berburu Milky Way. Hari kedua pun Milkyway nya ga kalah menawan dari yang kemarin. Selesai berburu milkyway kita semua lgsg berangkat buat makan malem. Kali ini kita makan Mie Ayaam Bakso yang katanya paling enak disana dengan mampir terlebih dahulu ke sebuah tempat kaya pasar malem yang isinya penjual makanan, dari mulai cemilan sampe lauk pauk. Dari semua sajian disana, Bu Aries nge-suggest untuk cobain Sukun Rebus. Pas gw cobain, ternyata sukunnya bener2 lembut, beda sama sukun2 yang pernah gw cobain. Apalagi kalo makan sukunnya pake Bakwan Ikan Teri. Aduuuuh bikin pengen aja nih. Niatnya cuma mampir, eh malah beli makanan yang bikin kenyang sebelum makan malem. Setelah makan malam selesai, kita dianter menuju ke Hotel untuk Istirahat.
My Best Milky Way

Dan diantara mereka semua, selalu gw yang bergerak *efek laper
Minggu, 2 Oktober 2016
Hari ini hari Ketiga. Bergegas menuju tempat sarapan dan langsung tancap gas ke Pelabuhan untuk naik speedboat menuju Ngurtavur Island, Pulau tak berpenghuni yang jika sedang surut, membentuk gusungan pulau yang unik dan panjang membentang hingga 2 Kilo (lagi2 sotoy). Disepanjang perjalanan menuju pulau ini kita melewati tempat pembudidayaan mutiara laut dan yang lebih mengagumkan kita akan menjumpai ratusan bintang laut yang segede2 patrick temenna spongebob. How beautiful you are. Ga lama dari itu, kita tiba di Pulau ini dan langsung ngebangun tenda, karena kalo ga kita bisa kebakar karena di gusungan ini ga ada pohon ataupun tempat berteduh lainnya. Selesai ngebangun tenda, mas Ilham pun ngeluarin properti dan drone untuk foto2. Di pantai ini kita bisa berenang, main pasir, bisa juga jalan menyusuri gusungan sejauh 2 kilo seperti yang dilakuin sama Bu Susi, Jefri dan Ria. Gw coba susul mereka, tapi semakin gw kejar semakin gw jauh (kaya lagu). Ditengah perjalanan, Mba Aries jemput pake Speed Boat karena kita harus makan siang di Pulau Tarwa. Pas gw naik Boat untuk jemput Bu Susi dkk, gw ngeliat ada baby Hiu yang cepet bgt bergeraknya. Gw yang fobia bgt sama makhluk satu ini seketika bengong, beda sama mba Aris yang malah kegirangan, secara dia Divers. Haha. Ga lama kita ketemu Bu Aris CS dan langung diangkut ke Boat. Sebelum bergegas menuju Pulau Tarwa, Mas Ilham mengabadikan Burung Pelican yang katanya dari Australia itu dengan Drone-nya. Ternyata Pelicannya lucu bgt. Pengen gw bawa pulang rasanya.
How Beautiful You Are..
Si Cantik Pelican Australia
Setelah ngejar si cantik Pelican Australia, gw dan team menuju Pulau Tarwa untuk makan siang. Pulau ini rindang banget. Salah satu faktornya karena pulau ini ditumbuhi banyaaaaak bgt pohon kelapa. Menu makanan kali ini tetep seafood dan lebih special karena ada kepiting. Yay!!!. Gw nambah (bodo amat).

Pulau Tarwa
Kenyang makan2 disini, kita bergegas menuju Pelabuhan di Tual dengan baju yang hampir kering dibadan untuk menuju ke Goa Hawang. Goa Hawang ini letaknya satu pulau kok sama tual, jadi ga pake Speed Boat lagi untuk kesana. Goa Hawang terletak di Desa Letvuan yang jaraknya kira2 15 Kilo dari Langgur. Untuk menuju ke Goa ga melelahkan kok. Dari parkiran cuma jalan kira-kira 5 menit melalui beberapa anak tangga. Tapi tetep harus hati-hati karena disini lumayan licin. Begitu sampai di mulut Goa, kita langsung disambut dengan air jernih berwarna tosca. Oh God, ini keren bgt. Buat yang ga bisa berenang sebaiknya pake life jacket karena kedalaman airnya bisa mencapai 1-5 meter. Kalau kita telusuri kedalam Goa, suasananya gelap bgt, dan semakin kedalam semakin oksien menipis. Goa ini gak terlalu besar kok. Tapi tetep kalo mau liat kedalam harus dikasih penerangan, biat kita bisa ngeliat bebatuan yang uniiiiiiiiikkk bgt. Cums Bu Susi, Pak Tris dn Mas Adi yang berani nyelam sampe kedasar, yang lainnya cuma nyimak. Airnya seger bgt. Warga sekitar juga antusias bgt buat mandi disini. Saking antusiasnya mereka, kita hadi agak susah ngambil foto disini. Bocoooorrrrrrrr. Tapi namanya juga explorer banyak gaya. Tetep aja cekrak cekrek sana sini dan saking semangatnya gw mau foto pake laybag, walhasil gw malah jatoh dan tangan kanan gw keseret di pinggiran batu yang lumayan tajam. Seketika saat itu langsung bengong karena setiap kali gw ngetrip pasti adaaaaa ajaaa oleh2 koreng.
Welcome to Goa Hawang
Nyobain Dome-nya Bang Ady
Didalam Goa Pake Flashlightnya Pak Tris
Selepas asiknya mandi2 cantik di Goa Hawang, kita semua langsung menuju ke salah satu rumah warga yang emang disediain tempat untuk bilas2 dan ganti baju untuk kemudian bergegas menuju Bukit Masbait. Untuk menuju ke Bukit ini kita menggunakan mobil dengan memakan waktu kira-kira 30 menitan melewati rumah-rumah warga. Sebenernya Bukit Masbait ini adalah wisata Rohani untuk yang beragama Nasrani. Tapi karena ada menara tinggi yang cocok untuk melihat Panorama Tual, kita semua berangkat kesana dengan hati riang dan pantang capek. Untuk mencapai ke puncak menara tsbt kita harus tracking menanjak kurang lebih satu jam yang lumayan bikin napas gw senen kamis. Tapi tenang aja jalurnya aman dengan beberapa anak tangga. Disini yang bener2 juara banget justru Pak Tris dan bu Susi, salut bgt gw sama mereka berdua, sudah berumur tapi bisa bikin keok gw dan triper muda lainnya. Selama perjalanan kita disuguhkan dengan patung-patung yang menggambarkan kisah Yesus dari kelahirannya sampai hari kebangkitannya. Setelah jalan dengan napas tergopoh-gopoh akhirnya kita tiba dikaki menara, dan harus naik melalui tangga yang menurut gw unsafe condition. Ngeri-ngeri sedap coy, walau akhirnya gw tetep naik dan takjub dengan pemandangan yang disuguhkan ketika tiba diatas menara, apalagi beruntungnya kita dapet sunset sore itu. Woooow. Emejing.
Beruntung ada kesempatan buat ke Bukit Masbait
Setelah puas foto2 diatas, kita bergegas turun untuk makan karena hari udah mulai gelap ditambah perut yang kruyuk-kruyuk. Kali ini kita menuju rumah makan makassar dan menikmati Cotto yang rasanya lumayan enak (efek laper). Btw satu hal yang bikin gw agak heran. Setiap kali gw pesen es jeruk, selalu aja dibuatin es jeruk nipis, bukan jeruk yg kaya biasa. Katanya si emang khasnya disini. Tapi kalo boleh jujur, samoe saat ini gw malah jadi doyan bgt es jeruk nipis samoe kadang buat sendiri dikamar. Hahahaa.

Selesai makan kita lanjut cari sukun di tempat kemarin dan gw minta dianterin cari oleh-oleh dan berburu mutiara. Ga jauh ditempat kita berburu makanan kmrn ternyata banyak bgt yang jualan mutiara. Ada mutiara asli dan mutiara sintetis. Udah jauh-jauh kesini sayang bgt kan kalo cuma beli yang sintetis. Setelah lama cari2 dan udah dapet yang gw mau, yang punya malah ga dateng2. Karena kita semua udah pada capek, akhirnya kita mutusin utk pulang aja. Tapi karena gw ngidam bgt cincin mutiara, jadi ketika yang lain pada ke hotel, gw turun di Gotta untuk cari-cari cincin mutiara. Oh iya, Gotta adalah Mall yang paling Hitss disini. Kalo malem minggu ramenya bukan main. Sebenernya ini cuma Supermarket aja si, tapi karena lumayan lengkap, jadi udah kaya mall. Tapi karena udah kemaleman, tokonya udah pada tutup. Jadi ke Gotta cuma beli es krim cokelat rekomendasian dari Mas Ilham. Lumayan enak si es krimnya (apa si yang ga enak buat gw?). Setelah Capek, gw cuss ke hotel, kasih Hardisk ke Mas Ilham buat copy2 foto, packing dan lanjut bobooooo.

Senin, 3 Oktober 2016
Sedih Guys udah hari terakhir. Hmmmmmmm. Setelah sarapan dan say goodbye ke Hotel yang bikin gw olah raga dengan tangganya itu, kita diajak ke Pantai Ohoidertawun. Tapi sebelum sampe pantai, gw diajak ke Toko Mutiara yang gw lupa namanya apa. Mutiara disana juga bagus2 banget. Akhirnya gw dapet satu cincin yang gw mau dan beli 2 Butir untuk nyokap. Disini ada yang kalap guys, Bu Susi borong Mutiara sampe yang punya toko melongo. Hahaha. Bu Susi ini emang niat bgt. Selesai beli mutiara kita juga diajk beli oleh2 khas Tual, yaitu Embal. Embal ini sejenis cemilan mirip kaya kripik tapi cenderung lebih tebal. Bahan dasarnya terbuat dari singkong, rasanya manis dan lumayan enak, harganya juga lumayan murah, kisaran 20 K.

Selesai cari oleh2, kita melanjutkan perjalanan menuju Pantai Ohoidertawun Pantai ini unik, karena ketika sedang surut pantai ini seperti gurun pasir yang membentang sejauh mata memandang, ditambah lagi ada ayunan ditengah2 pantai. Iconic, tapi sayangnya ketika gw dan team tiba disana, awan tebal menutupi matahari, dan jadilah mendung yang bikin foto2 gw jadi ga maksimal. Sayang banget. Tapi ya tetep bisa dinikmatin si, lumayan bisa ayun-ayunan sambil difotoin sama Jefri. Hahahaa makasi Jeff. Selesai dari sini kita lanjut ke Pantai Ohoililir yang masih terusan dari pantai Pasir panjang dan Ohoidertawun. Pantainya si mirip2 sama pantai pasir panjang.

Taken By Jefri
Ohoililir juga Mendung :(

Karena waktu udah semakin siang, akhirnya kita pergi meninggalkan pantai itu dan bergegas menuju ke Bandara Langgur. Ditengah perjalanan kita mampir di Rumah adat khas Maluku. Foto2 sebentar, abis itu lanjut ke Bandara. Setelah Check in, masih ada waktu sekitar satu jam dan kita semuanya nongkrong dulu di salah satu tempat makan untuk makan sejenis Banana Split Rekomendasian Mas Ilham yang enak karena banyak toppingnya. Sambil ngobrol-ngobrol ga berasa tiba2 waktu boardingpun tiba. Kita bergegas menuju ke pesawat yang kebetulan kita semua satu pesawat kecuali Ria dan Mas Dayat yang masih tinggal sehari lagi di Tual untuk mancing. Disanalah Perpisahan kami juga dengan Mas Ilham yang ganteng dan Mas Ady yang juga ganteng. Sediiihhh. Setelah tiba di Bandara Pattimura, gw lanjut ke Pesawat menuju Surabaya yang ternyata harus Transit juga di Makassar. Tiba di Surabaya udah Malem sekitar jam 8 malem, numpng makan nasi bebek dan lanjut ke Denpasar dengan perasaan campur aduk, gosong dan sangat berkesan.
It's Time to say Good Bye :(

Banyak banget cerita buat perjalanan gw kali ini. Tim ini sama sekali ga ada capeknya. Semuanya ikutan di setiap moment, ga ada yang ga ikutan dan satu hal yang penting semuanya hobi HAHAHIHI sekalipun ada beberapa kejadian yang ga disangka2, seperti Pak Tris yang HP nya error karena kena air laut, Mbak Ari dan Mas dayat yang ga kuat naik ke menara di Bukit Masbait, Bu Susi yang berani sendirian ke Pulau Kosong di Ngurtavur dan katanya ada Jefri yang ngikutin di belakang, padahal Jefri jaraknya masih jauh, Mba Aris yang nyaris "karam" dan ditolongin sama Jefri di Bair, Ria dan Mas Dayat, pasutri yang udah kaya temenan dan bikin kita2 yang ga bawa pasangan jadi ga Galau. Hahaha, dan masih banyak lagii.

Sekali lagi Big Thanks buat Mas Ilham dan Mas Ady yang luar biasa bgt bikin suasana trip kita lebih dari sekedar hidup. Gw sangat menyarankan banget untuk ikutan Trip ke Pulau Kei sama mereka berdua karena Kebahagiaan kami adalah buktinya (Ciyee Ileeh) dan ini kontak mereka kalo beneran mau main2 di Kei :

1. Ilham : 0852 4005 7958
    IG : @Ilhamarch (Ga usah gw endorse juga followersnya udah bejibuun)
2. Ady : 0811 4788 805
    IG : @lutfi_ady

See you next trip Guys. Gonna Miss U.